Pekanbaru – Kamis (04/04), BPPMDDTT Pekanbaru menerima kunjungan dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Riau yang terdiri dari Kepala Bidang Hortikultura, Analis Pasar Hasil Pertanian Ahli Madya, dan beberapa orang staf. Tim DPTPH Provinsi Riau diterima oleh Kepala Subbagian Tata Usaha BPPMDDTT Pekanbaru didampingi Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat.

 

Pada kunjungan ini, Kepala Bidang Hortikultura, Bapak Raffy Arnanda, SP., menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan yaitu silaturahmi sekaligus koordinasi terkait program dari DPTPH Provinsi Riau yaitu Program Swasembada Tanaman Cabai.

 

Pertemuan ini juga mendiskusikan desa atau BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa) yang akan menjadi penerima bantuan program tersebut untuk tahun 2025. Dalam rangka pembangunan Desa Percontohan serta dalam melaksanakan pendampingan desa, BPPMDDTT Pekanbaru mengusulkan beberapa desa yaitu di Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan. Untuk Kabupaten Kampar yaitu Desa Ridan Permai di Kecamatan Bangkinang Kota dan Desa Kampar di Kecamatan Kampa. Untuk Kabupaten Pelalawan yaitu Desa Simpang Beringin dan Desa Lubuk Ogung yang keduanya berada di Kecamatan Bandar Sei Kijang.

 

Tindak lanjut dari pertemuan ini yaitu Tim dari BPPMDDTT Pekanbaru akan berkoordinasi dengan pemerintah desa maupun pengurus BUMDesa untuk memastikan ketersediaan lahan dan kemauan masyarakat untuk menanam cabai. Penanaman swasembada cabai ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan cabai di wilayah Pekanbaru khususnya dan Riau umumnya serta mampu mengendalikan inflasi.