Pekanbaru – bertempat di Aula Kantor BPPMDDTT Pekanbaru telah dilaksanakan Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) tanggal 28 s.d. 31 Maret 2024. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari 10 desa di Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

 

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan tanggal 28 Maret 2024, dibuka oleh Anggota DPR RI Komisi V, Bapak Dr. H. Syahrul Aidi Maazat, L.c., M.A. Acara pembukaan ini juga turut dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPPMDDTT Pekanbaru, Bapak Mhd. Taufik, S.Pi., M, Si., Camat Tambang, yang diwakili oleh Kasi PMD, yaitu Bapak Tarmizi Dabri, M.Si., dan Kepala Desa Rimbo Panjang, yang diwakili oleh Sekretaris Desa, yaitu Bapak Anas Mariono. Pada sambutannya Bapak Dr. H. Syahrul Aidi Maazat, L.c., M.A mengatakan bahwa kapasitas pengelola BUM Desa perlu ditingkatkan sehingga tujuan BUM Desa untuk mensejahterakan masyarakat desa dapat tercapai.

 

Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari ini membahas mengenai Penggalian Potensi, Kajian Kelayakan Usaha, Perencanaan Usaha, dan Pembuatan Proposal Usaha BUM Desa. Peserta yang merupakan Direktur dan Kepala Unit BUM Desa, belajar dan berdiskusi serta praktek dan simulasi bersama dengan Tim Pelatih yang merupakan Penggerak Swadaya Masyarakat BPPMDDTT Pekanbaru yaitu Ibu Ayu Andria, S.P., M.Si., Ibu Siska Sasri Yulia, S, Pi., M.Si, dan Bapak Japaruddin Nasution, S.T.P., M.M. Output dari kegiatan pelatihan ini adalah proposal usaha BUM Desa yang dibuat oleh peserta.

 

Kegiatan pelatihan berjalan dengan sangat baik dan lancar. Pelatihan ditutup tanggal 31 Maret 2024 oleh Kepala BPPMDDTT Pekanbaru yang diwakili oleh Ibu Ayu Andria, S.P., M.Si. Semoga peserta yang telah dilatih ini mampu menerapkan ilmu yang sudah didapat sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan desanya masing-masing.