Tim BPPMDDTT Pekanbaru melaksanakan Kegiatan Pendampingan Alumni Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2023 di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 14 November 2023 di Desa Bale Redelong.


Tujuan dari Kegiatan Pendampingan ini untuk mengetahui outcome dari pelatihan yang pernah diberikan oleh BPPMDDTT Pekanbaru. Selain menyebarkan kuesioner, tim juga melaksanakan pendampingan berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dari tematik masing-masing lokus. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan memberikan kuesioner kepada alumni pelatihan beserta imbas dari alumni pelatihan yang telah melaksanakan pendampingan. Selain menyebarkan kuesioner, tim juga melaksanakan pendampingan berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dari tematik masing-masing lokus. 


Hari pertama Tim berkoordinasi dengan DPMK Kabupaten Bener Meriah, kegiatan koordinasi ke DPMK dilakukan dengan Plt. DPMK yaitu Bapak Ismail untuk membahas terkait mekanisme pendampingan yang akan dilakukan dan dilanjutkan Koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah dengan Kepala Bidang Sumber Daya yaitu Bapak Mulyadi, S.Pd. M.Si, dengan mendiskusikan terkait perilaku wisata para alumni pelatihan serta mengkomunikasikan terkait kegiatan pendampingan yang akan dilakukan.


Tim Pendampingan melajutkan bertemu dengan alumni pelatihan ke Mukim Wih Tenang Uken, Alumni pelatihan yang sekaligus berperan sebagai Kepala Mukim yaitu Bapak Musdar Amin mengkomunikasikan terkait kegiatan yang telah dilakukan pasca pelatihan di wilayah mukim nya. Selain itu, kami juga mengkomunikasikan terkait kegiatan pendampingan dan mendiskusikan terkait permasalahan yang ada di mukim tersebut.


Pendampingan alumni di Desa Bale Redelong dilakukan dengan melakukan kunjungan langsung ke Kebon Kopi milik salah satu alumni pelatihan yang kedepannya akan dijadikan salah satu objek Edu-Wisata Kopi, dengan menawarkan pengalaman langsung kepada wisatawan untuk memetik kopi dan proses pengolahan kopi juga dijelaskan terkait kopi khas Bener Meriah tersebut.