Tim BPPMDDTT Pekanbaru melaksanakan Kegiatan Pendampingan Alumni Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2023 di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 12 Desember 2023 di 2 (dua) desa, yaitu Desa Resun dan Panggak Darat.


Tujuan dari Kegiatan Pendampingan ini sebagai monitoring tindak lanjut peserta dalam pelaksanaan RKTL yang telah di susun, selain itu juga sebagai upaya balai dalam menjaring permasalahan yang mungkin terjadi setelah pelaksanaan pelatihan,


Hari pertama Tim berkoordinasi ke Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga yang langsung di Terima oleh Kepala Dinas dan beberapa orang staff, pelaksana menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan pendampingan alumni pelatihan desa wisata, selanjutnya diskusi terkait pengembangan pariwisata di Kabupaten Lingga yang akan di fokus dan di prioritaskan wisata berbasis alam dan budaya, sehingga Kabupaten Lingga memiliki ciri khusus dalam pengembangan pariwisata kedepan. 


Selanjutnya berkoordinasi ke Dinas PMD, di Terima oleh ibu Sri Rezeki, S.Sos (Kabid. Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa) Mewakili kepala dinas yang sedang agenda pertemuan dengan BPKP, Secara umum Dinas PMD menyambut baik kegiatan pendampingan alumni ini karena Kabupaten Lingga perlu dukungan lebih dalam pengembangan wisata maupun BUMDesa, secara geografis Kab. Lingga jauh dan tidak memiliki fasilitas serta anggaran yang memadai dalam pengembangan desa dan BUMDesa, oleh karenanya kegiatan pendampingan ataupun pelatihan sangat diharapkan dapat terus dilaksanakan khususnya pada tahun depan. 


Desa pertama yang dikunjungi adalah Desa Resun, pelaksana berjumpa dengan alumni dan non alumni, disana dilakukan diskusi bersama para alumni dan non alumni terkait dengan penerapan RKTL dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Selain itu pelaksana juga berdiskusi dengan Forum anak provinsi Kepri terkait dengan keterlibatan Remaja dan Pemuda dalam pengelolaan destinasi wisata. Di Desa Resun. Pelaksana juga menerima input positif terkait pelaksanaan pelatihan lanjutan dari kelompok imbas (non alumni).


Desa kedua yang dikunjungi adalah Desa Panggak Darat bertemu dengan Alumni dan aparat desa selaku kelompok imbas, kegiatan dilaksanakan serupa dengan Desa Resun, yaitu berdiskusi dan menemukenali permasalahan yang ada di desa.