Tim BPPMDDTT Pekanbaru melaksanakan Kegiatan Pendampingan Alumni Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG) Tahun 2023 di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 12 Desember 2023 di Desa Koto Baru.


Tujuan dari Kegiatan Pendampingan ini untuk mengetahui outcome dari pelatihan yang pernah diberikan oleh BPPMDDTT Pekanbaru. Selain menyebarkan kuesioner, tim juga melaksanakan pendampingan berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dari tematik masing-masing lokus. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan memberikan kuesioner kepada alumni pelatihan beserta imbas dari alumni pelatihan yang telah melaksanakan pendampingan. Selain menyebarkan kuesioner, tim juga melaksanakan pendampingan berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dari tematik masing-masing lokus. 


Hari pertama Tim berkoordinasi dengan Dinas PMD Kabupaten Sijunjung, di terima oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Ibu Delfi Sunairi, SE disampaikan tujuan dan teknis pendampingan alumni pelatihan dan Tim didampingi oleh Salah seorang dri Dinas PMD Kab. Sijunjung selama kegiatan.


Pendampingan Alumni ke BUMNag Bukik Capang Tigo Desa Kandang Baru Kegiatan diskusi pelaksanaan RKTL, tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan RKTL dan didampingi oleh Dinas PMD melakukan Penggalian Informasi bersama masyarakat (non Alumni), dan Kasie Pembangunan Kantor wali Nagari Kandang Baru untuk mendapatkan gambaran mengenai dampak dan peran serta alumni di masyarakat setelah melakukan kegiatan pelatihan. Diskusi dgn pengelola BUMDes terkait follow up pengurusan Sertifikat Badan Hukum serta Kejelasan pengenaan pajak dalam BUMDes, hasil dari diskusi ialah Dinas PMD selaku pembina akan mengundang Narasumber dari Dirjen Pajak Kemenkeu untuk memperjelas hal ini.


Pendampingan Alumni dilanjutkan ke BUMNag Ambacang Bakamba Desa Koto Baru Kec. Sijunjung dengan hasil diskusi kegiatan pengelola BUMDes utk tahun 2024 berfokus pada kegiatan perbaikan saluran pipanisasi sebagai salah satu unit usaha BUMDes, serta akan menyusun proposal usaha utk penambahan dana dari penyertaan modal. Tim didampingi oleh Dinas PMD kab.Sijunjung, beserta Kepala Desa, BPD, Pengelola BUMDes berkunjung ke salah satu usaha BUMDes yaitu penggemukan Sapi, dimana pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat sekitar dengan mekanisme sistem bagi hasil.