Tim BPPMDDTT Pekanbaru melaksanakan Kegiatan Pendampingan Alumni Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tahun 2023 di Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau dilaksanakan pada tanggal 6 s.d. 8 Desember 2023 di 2 (dua) Desa yaitu Desa Alah Air Timur dan Desa Banglas,


Tujuan dari Kegiatan Pendampingan ini untuk mengetahui outcome dari pelatihan yang pernah diberikan oleh BPPMDDTT Pekanbaru. Selain menyebarkan kuesioner, tim juga melaksanakan pendampingan berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dari tematik masing-masing lokus. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan memberikan kuesioner kepada alumni pelatihan beserta imbas dari alumni pelatihan yang telah melaksanakan pendampingan. Selain menyebarkan kuesioner, tim juga melaksanakan pendampingan berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dari tematik masing-masing lokus. 


Kegiatan dimulai dengan koordinasi dengan DPMD Kab. Kep. Meranti terkait kegiatan pendampingan, pada kesempatan ini bapak Fajarullah selaku Plt Kepala Dinas menyampaikan permohonan untuk mendapatkan kembali pelatihan BUMDes karna masih banyak desa yang belum mendapatkan peningkatan kapasitas pengelola BUMDes. Pendampingan di lakukan di Desa Alah Air Timur dan Desa Banglas, Kegiatan di desa bertemu dengan kepala desa dan pengurus BUMDes dengan melakukan pembahasan RKTL terkait kendala dan hambatan yang ada dalam melaksanakan RKTL,serta melakukan diskusi terkait dokumen persyaratan pendaftaran badan hukum.