BPPMDDTT Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di Kantor Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Tema dari pelatihan ini adalah Penyusunan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa yang bertujuan untuk menyediakan informasi posisi keuangan, kinerja keuangan, dan laporan arus kas BUM Desa yang bermanfaat bagi pengguna dalam pengambilan keputusan, dan menunjukkan apa yang telah dilakukan pengelola BUM Desa atau pertanggungjawaban pengelola BUM Desa atas pemanfaatan sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Tematik Perencanaan Usaha dilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 30 Maret 2023.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karo, Ibu Data Martina Br. Ginting, Ap, M.Si. Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kepala BPPMD Pekanbaru Bapak Hendrik Halomoan S, S.Kom, M.M, M.Si, Pembukaan pelatihan ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karo, Perwakilan Anggota Komisi V DPR-RI, Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Karo Bapak Abdul Rahim.

Pelatihan hari pertama tanggal 27 Maret 2023 diawali dengan pengisian biodata peserta, absensi peserta, dan pelaksanaan pre test. Pembelajaran pada hari pertama mengenai Konsep Dasar BUMDes, Analisis Kelayakan Usaha, serta PP no.11 Tahun 2021. Selain pemberian materi juga dilakukan diskusi dan penugasan. Pelatihan hari kedua tanggal 28 Maret 2023 membahas penyusunan laporan keuangan BUMDes. Selain pemberian materi juga dilakukan diskusi dan penugasan. Pelatihan hari ketiga tanggal 29 Maret 2023 mengenai lanjutan penyusunan laporan keuangan BUMDes. Pelatihan hari keempat tanggal 30 Maret 2023 mengenai Pembulatan Materi dan Penyusunan RKTL (Rencana Kerja Tindak Lanjut). Pada hari keempat juga dilaksanakan evaluasi pelatihan dan post test serta penutupan pelatihan. 

Penutupan pelatihan dilaksanakan tanggal 30 Maret 2023 dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara oleh Kepala Dinas yang diwakili oleh Kepala Bidang Kerjasama Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bapak Josua Subayang dan dihadiri oleh Kepala BPPMD Pekanbaru Bapak Hendrik Halomoan S, S.Kom, M.M, M.Si, Perwakilan Anggota Komisi V DPR-RI, Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Karo Bapak Abdul Rahim, serta Kepala Seksi PMD Kecamatan Kabanjahe, Bapak Egi Pakpahan.